Loading....

Donor Darah Masih Dibutuhkan

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau, Agus Tantomomengajak masyarakat Berau untuk rutin melaksanakan donor darah, hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena donor darah juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Dikatakannya, donor darah sendiri memiliki manfaat yakni menurunkan risiko terkena penyakit jantung, penyempitan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, membantu menurutkan berat badan, mendeteksi penyakit serius sejak dini, membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia. 

“Tiga bulan sekali sangat baik untuk donor darah, karena banyak manfaat yang dihasilkan, selain itu bisa membantu orang yang membutuhkan,” ujarnya kepada Berau Post.

Selain itu, Agus juga mengajak masyarakat untuk membentuk komunitas donor darah, hal ini dikarenakan, jika dalam kondisi darurat si pasien bisa dengan cepat dapat bantuan donor darah.

“PMI sebagai pusat penyedia darah dan masyarakat hanya perlu datang ke PMI untuk berdonor dan memenuhi kebutuhan penyediaan darah,” lanjutnya.

Agus Tantomo yang juga Wakil Bupati Berau ini, menambahkan, untuk stok darah di PMI kemarin, golongan darah A sebanyak 23 kantong, B 35 Kantong, O sebanyak 45 kantong dan AB sebanyak 12 kantong.

“Memang untuk golongan darah AB sangat sulit ditemui, maka dari itu saya mengajak masyarakat Berau ayo bersama-sama melakukan donor darah,” tuturnya.

Namun, ia mengingatkan ada beberapa orang yang tidak bisa melakukan donor darah yakni, berusia di bawah 17 tahun dan d iatas 66 tahun, sedang flu atau demam, berat badang kurang dari 50 kg, memiliki tekanan darah tinggi, kadar gula tinggi, mengonsumsi antibiotik, mengalami gangguan fungsi hati, baru saja ditindik ditubuh, terkena infeksi menular seksual, sedang hamil, dan memiliki riwayat penyakit tertentu.

“Ada beberapa spesifikasi orang yang tidak bisa mendonorkan darah, terlebih jika orang tersebut memiliki riwayat penyakit menular seksual, seperti HIV/AIDS, Hepatitis B, dan Hepatitis C, serta pernah menggunakan obat-obatan terlarang, seperti narkoba,” pungkasnya. (*/yat/app)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Back To Top