Loading....

Jadikan PMI Lebih Dekat dengan Masyarakat

PROKAL.COTANJUNG REDEB – Setelah dilantik beberapa waktu lalu, Ketua PMI Berau Agus Tantomo mengambil langkah cepat melakukan pembenahan organisasi. Target ke depan dengan pembenahan ini, akan menjadikan PMI sebagai organisasi yang lebih dekat dengan masyarakat.

Sebelum dibenahi, Agus Tantomo melakukan peninjauan ke markas PMI di Jalan Pulau Panjang, Tanjung Redeb, tepat di depan RSUD Abdul Rivai, Senin (18/2). Dia bersama sejumlah pengurus PMI melihat kondisi yang ada di markas PMI. Apa saja yang perlu dibenahi sekaligus kekurangan fasilitas yang akan ditambah.

Satu persatu ruangan serta pelayanan yang dilakukan PMI selama ini dicek. Begitu juga dengan fasilitas pendukung, seperti mobil ambulans, kendaraan operasional serta alat-alat kesehatan lainnya. Sistem pengelolaan keuangan juga menjadi perhatian Agus Tantomo.

Agus menyampaikan bahwa dirinya ingin membuat PMI sebagai organisasi yang lebih dekat dengan masyarakat. Jadi tidak hanya sekadar melakukan donor darah saja, tapi lebih berkembang terhadap  pelayanan sosial lainnya. “Saya juga ingin kalau masyarakat yang masuk ke sini itu merasa senang. Ruangannya rapi dan bersih serta pelayanan juga maksimal. Jadi tidak ada yang mengeluh setelah keluar dari PMI,” katanya.

Disampaikannya, PMI selama ini mendapatkan bantuan operasional dari pemerintah daerah. Agus menegaskan bahwa bantuan yang telah diberikan ini harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan pemakaian yang telah dilakukan. Sehingga ada kepercayaan penuh dari pemerintah setelah diberikan bantuan ini. “Setiap sen yang dibantu harus bisa dilaporkan secara profesional. Saya mau kedepannya sistem pelaporan ini bisa menggunakan komputerisasi, jadi tidak lagi menggunakan kuitansi manual,” jelasnya.

PMI ditegaskan harus dapat bergerak cepat jika ada persoalan yang terjadi di masyarakat. Seperti pada saat musibah kebakaran di Jalan Milono, Tanjung Redeb. Ia mengatakan bahwa PMI langsung turun ke lokasi memberikan bantuan baik berupa tenaga, obat-obatan maupun sembako. “Ini menjadi fungsi yang harus kita jalankan dengan penuh tanggung jawab. Cepat tanggap dan respons sebagai organisasi sosial,” pungkasnya. (hms5/har)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

Back To Top